32 BMW E30 Bekas Dijual Disini
Kisaran Hargannya:
Rp. 27.000.000 - Rp. 130.000.000
Kisaran Hargannya: Rp. 27.000.000 - Rp. 130.000.000
BMW E30 adalah generasi kedua dari sedan Seri 3 BMW. Seri sebelumnya diberi kode BMW E21. Di Indonesia, BMW E30 jauh lebih populer dibanding BMW E21. Bisa diketahui dari populasi E30 yang masih berkeliaran di jalan. Bahkan bu...
kan hanya eksis, banyak E30 yang kondisinya masih baik.Popularitas BMW E30 di Indonesia memang terdongkrak karena mobil ini sering muncul dalam film era 90an "Catatan Si Boy". Ini membuat E30 menjadi ikon anak muda pada jaman itu.
BMW E30 sendiri hadir dalam berbagai tipe body, mulai dari sedan, coupe, convertible dan wagon/estate.
Di awal produksinya pada 1982, E30 dibuat versi coupe 2 pintu. Lalu versi sedan 4 pintunya diluncurkan pada 1983. Sedangkan convertible diproduksi pada 1985, dan versi wagon dibuat pada 1987.
BMW E30 318i sedan 4 pintu juga menjadi awal mula BMW membuat mobil jenis wagon dan sedan 4 pintu. Selain itu, mobil BMW high performance "M3" juga diawali oleh E30. Kita akan membahas E30 M3 di bagian akhir.
MESIN BMW E30
Dari sekian banyak tipe mesin BMW E30, yang masuk secara resmi di Indonesia hanya 318i yang berkode mesin M10B18 (1983-1987) dan M40B18 (1989-1991). Sisanya mungkin masuk lewat importir umum.
BMW E30 1800cc 4 silinder menggunakan sistem injeksi L Jetronic (M10) dan Motronic (M40). Pada zamannya mesinnya tergolong kencang dan istimewa. Tapi sayangnya, suara mesinnya tergolong berisik, mirip mesin jahit.
Mesin yang masih banyak beredar di Indonesia adalah M40B18. Karena masih cukup banyak spare part yang dijual di pasaran dan menurut mekanik, mesin itu relatif bandel.
Hanya saja, beberapa spare part sudah sulit dicari seperti Airflow Meter dan ECU.
Mesin itu dikawinkan dengan opsi transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 3-percepatan. Suspensinya sudah independen dengan rem cakram dikeempat roda.
Mesin M40 memiliki catatan impresif yakni akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 11 detik. Jika kondisi mobil sehat, menginjak gas hingga 180 km/jam bahkan lebih bukan perkara sulit.
Desain
Bentuk body E30 memang sangat boxy, kesan pertama bagi orang awam yang melihat pasti dianggap klasik atau jadul. Tapi bagi penggemarnya, desain E30 dianggap timeless.
Perancang desain E30 adalah seorang berkebangsaan Jerman bernama Claus Luthe (1932-2008), ia bukan hanya merancang BMW, namun juga mendesain VW dan Audi.
Untuk dimensi, E30 memiliki wheelbase 2,570 mm, dengan panjang 4,320-4,460 mm dan lebar 1,645 mm. Sedangkan berat kosongnya 1,080-1,200 KG.
Untuk desain interiornya, tidak beda jauh. Kesan kotak-kotak (boxy) tetap terlihat. Namun yang uniknya adalah sisi instrumen cluster dan panel AC bagian dashboard BWM E30 menghadap ke pengemudi. Membuatnya terlihat sebagai mobil driver oriented.
Fitur dan Teknologi
Bicara soal fitur, jika dibandingkan dengan mobil generasi 2000an, E30 sudah sangat tertinggal. Belum ada fitur Engine Start Stop Button, dll. Bahkan tuas untuk menyalakan lampu masih model tarik.
Meski begitu, E30 sudah dilengkapi dengan Power Steering, Power Window, Central Lock, Electric Mirror, Climate Control Analog.
BMW E30 M3
Tipe paling kencang dari Seri 3 dikenal dengan kode M3, dan lahirnya M3 dimulai dari seri ini. BMW E30 M3 sejak Maret 1986 sampai Juni 1991 dengan mengusung coupe 2 pintu.
BMW E30 M3 sendiri ber-evolusi dari tahun ke tahun, mulai dari M3 Evo 1, Evo 2 dan Sport Evo. Tenaga mesinnya pun makin lama makin kencang. Data power dan torsinya bisa dilihat di tabel atas. Untuk M3 Evo 2 dan Sport Evo masuk kategori Special Edition dan produksinya sangat terbatas.
Top speed dari E30 M3 diklaim oleh BMW dapat mencapai 240 Km/h, sedangkan untuk akselerasinya dari 0-100 Km/h hanya dalam waktu 6,5 detik. Tapi itu dihasilkan oleh BMW E30 M3 biasa, kalau yang Special Edition lebih kencang lagi.
Pajak BMW E30 Bekas
Salah satu pertimbangan membeli mobil bekas adalah biaya pajak. Untuk BMW E30, pajaknya cukup terjangkau.
Umumnya, besaran pajak mobil adalah 1,5% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). Serta meningkat sebesar 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan (tarif pajak progresif). Tarif itu belum termasuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Kisaran pajak BMW E30 pada tahun 2023 mulai dari Rp 480.000,- sampai Rp 1.160.000,- tergantung lokasi dan tahun produksi mobilnya.
Kelebihan BMW E30
Performa: BMW E30 dikenal karena kinerja dan kemampuannya dalam berkendara. Dilengkapi dengan mesin yang kuat dan suspensi yang disesuaikan dengan baik, mobil ini menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan memuaskan.
Kualitas: BMW E30 dibangun dengan kualitas yang tinggi dan fitur-fitur interior dan eksteriornya terlihat menarik. Meskipun mobil ini sudah tua, mereka tetap terlihat elegan dan menarik.
Potensi Kustomisasi: BMW E30 memiliki komunitas penggemar yang besar dan ada banyak opsi kustomisasi tersedia untuk mobil ini. Jadi, pemilik mobil ini memiliki banyak pilihan untuk memperbaiki mobil mereka sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.
Kekurangan BMW E30:
Perawatan: BMW E30 memerlukan perawatan yang cukup untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi baik. Suku cadang yang sulit didapat dan biaya perawatan yang mahal bisa menjadi kendala bagi beberapa pemilik mobil.
Ruang: Ruang di dalam mobil cukup terbatas dan tidak nyaman untuk orang yang lebih tinggi atau yang membutuhkan ruang yang lebih banyak.
Konsumsi BBM Rata-Rata
Menurut sumber yang kami temukan, konsumsi BBM BMW E30 318i tergolong rata-rata. Artinya tidak terlalu boros dan juga tidak bisa dibilang irit. Dengan catatan 8-9 km/liter, di zamannya mobil ini sudah tergolong irit apalagi ditunjang dengan performa yang mengesankan.
Harga BMW E30 Bekas
Data dari Mobilman.id harga mobil BMW E30 bekas dijual mulai dari Rp30.000.000,- untuk BMW E30 318i 1990, sedangkan yang paling mahal mencapai Rp89.000.000,- untuk BMW E30 318i 1992.
Data tersebut dirangkum pada bulan Agustus 2024, dan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai jumlah iklannya.